Huawei bercerai dari Leica sejak akhir Maret 2022

Huawei bercerai dari Leica sejak akhir Maret 2022

Huawei bercerai dari Leica sejak akhir Maret 2022

berita
Huawei bercerai dari Leica sejak akhir Maret 2022

Huawei tidak lagi bermitra dengan Leica, yang juga berarti akhir dari smartphone Huawei yang mengusung merek Leica. Mereka telah “turun” sejak 31 Maret 2022.
Diperbarui 24 Mei 2022 pukul 14:00

Oleh Romi Hidayat

Tak bisa dipungkiri saat Huawei merilis smartphone baru, para penggemarnya harus menunggu terobosan di sektor kamera. Ya! Huawei terkenal di ruang smartphone Android karena kemampuan kameranya, terutama pengaturan kamera bermerek Leica.

Namun, ada kabar yang cukup mengejutkan bahwa Xiaomi telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka akan bekerja sama dengan Leica, perusahaan kamera yang berbasis di Jerman. Ya! Xiaomi akan mengintegrasikan teknologi pencitraan Leica ke dalam smartphone andalannya, khususnya untuk meningkatkan kemampuan di sektor kamera.

Jadi, apakah kemitraan baru Xiaomi-Leica akan memengaruhi kemitraan Huawei-Leica sebelumnya? Seperti dilansir Otoritas Android, tim mereka secara resmi menghubungi Huawei melalui email, yang secara resmi ditanggapi oleh Huawei bahwa mereka “keluar”, yang berakhir pada 31 Maret.

Ini berarti Huawei tidak akan lagi bermitra dengan Leica hingga Mei 2022, yang juga berarti akhir dari smartphone Huawei dengan branding Leica. Smartphone Huawei terakhir yang menampilkan Leica adalah Huawei P50 dan P50 Pro, yang dirilis tahun lalu dengan chipset Snapdragon 888 4G.

Pengumuman berakhirnya kerja sama ini tentunya menandai berakhirnya era “Huawei + Leica Smartphone”, di mana Huawei benar-benar dianggap sebagai merek yang dapat membuat smartphone dengan kamera terbaik dan layak dibeli dengan uang.

Smartphone unggulan Huawei dengan brand Leica, seperti Huawei P20 Pro dan Huawei P30 Pro, membawa inovasi kamera yang luar biasa ke pasar smartphone. Inovasi yang ditawarkan termasuk pengaturan tiga kamera pertama di dunia dan zoom optik 5x pada smartphone.

Namun, ini juga menandai babak baru untuk fotografi smartphone. Mengingat pengumuman resmi Xiaomi tentang kemitraan dengan Leica untuk pengoptimalan kamera, bahkan setelah resmi berpisah dari Huawei, merek Leica tampaknya masih ingin bertahan di pasar smartphone dengan mitra baru.

Lantas seperti apa smartphone yang akan keluar dari kolaborasi Xiaomi dan Leica? Secara resmi, pembuat smartphone di bawah kendali Lei Jun telah mengkonfirmasi bahwa flagship yang mereka kembangkan bersama Leica akan diluncurkan pada Juli 2022. Apakah itu Xiaomi 12 Ultra? Mari kita tunggu saja!

Sumber :