Ilmu Politik: Pengertian, Sejarah, Teori, Mekanisme Ilmu Politik

Memahami ilmu politik
Baca cepat Buka

Ilmu politik adalah unit ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta narasi dan studi tentang sistem politik dan sikap politik. Sains mengarah pada spekulasi, teori, dan studi.

Ilmu politik mempelajari distribusi dan transfer kekuasaan dalam pembentukan undang-undang, posisi dan sistem pemerintahan dalam pemerintahan dan organisasi internasional, sikap politik dan proses publik. Ilmu politik mengevaluasi efektivitas pemerintah dan prosedur khusus dengan memeriksa berbagai komponen seperti keteguhan keseimbangan, keamanan material dan perdamaian.

Ilmu-Politik-Pengertian-Sejarah-Teori-Mekanisme-Ilmu-Politik
Memahami ilmu politik menurut para ahli

Berikut pendapat para ahli ilmu politik sebagai berikut:

Setelah J. Barents

Menurut J. Barents, ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara, yang sebagai bentuk kehidupan masyarakatnya, meneliti negara-negara tersebut dalam rangka melaksanakan tugasnya.

Setelah Karl W. Deutsch

Menurut Karl W. Deutsch, ilmu politik adalah penegakan hukum melalui media umum.
Baca lebih lanjut: SIAPA?

Menurut Sri Sumantri

Menurut Sri Sumantri, ilmu politik adalah kumpulan perkumpulan manusia yang terorganisasi dalam berbagai jenis institusi politik, baik dalam suprastruktur politik maupun dalam infrastruktur politik.

Setelah Ossip K. Flectheim

Menurut Ossip K. Flectheim, ilmu politik adalah ilmu sosial yang secara khusus membahas tentang bentuk dan tujuan negara, termasuk negara sebagai institusi kekuasaan, serta bentuk dan tujuan indikasi informal kekuasaan lainnya yang dapat menguasai negara. .

Menurut Roger. F. Soltau

Menurut pendapat Roger. F. Soltau, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang negara, tujuan negara, dan organisasi yang mengejar tujuan tersebut; Hubungan antara negara dengan warga negaranya maupun dengan negara lain.

Menurut Maurice Duverger

Pengertian politik menurut Maurice Duverger adalah kekuasaan, kekuatan seluruh jaringan lembaga (institusi) yang berhubungan dengan otoritas, dalam hal ini suasananya didominasi oleh sebagian orang atas orang lain.

Menurut Joyce Mitchell

Definisi politik Joyce Mitchell adalah pengambilan keputusan kolektif atau pengambilan keputusan politik umum untuk masyarakat secara keseluruhan.
Tujuan politik

Tujuan kebijakan meliputi:

Berusaha keras untuk memastikan bahwa kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintahan dapat diperoleh, dikelola dan dilaksanakan sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
Memperjuangkan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintah untuk memperoleh, mengelola dan melaksanakan demokrasi secara keseluruhan.
Berusaha melaksanakan dan menyelenggarakan kebijakan dalam masyarakat dan pemerintahan sesuai dengan kerangka menjunjung tinggi prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Untuk memahami seperti apa situasi politik saat ini, karena dengan memahami kita tidak mudah terkecoh dengan politik yang ada.
Untuk dapat memberikan penilaian yang objektif terhadap masalah politik, jika kita tidak tahu, tentu kita hanya bisa mengikuti pendapat yang ada.

Sejarah Ilmu Politik

Jika Anda menganggapnya hanya sebagai satu kesatuan dari ilmu-ilmu sosial, maka ilmu politik masih muda, karena didirikan pada akhir abad ke-19. Dilihat dalam konteks yang lebih luas, misalnya sebagai konfrontasi logis dengan berbagai pihak dalam kehidupan bernegara dan politik, ilmu politik dapat digambarkan jauh lebih tua. Di Yunani kuno, misalnya, gagasan tentang negara bisa dimulai sejak 450 SM. Sebelum Masehi, ini pasti berasal dari berbagai karya sejarawan Herodotus dan para filosof seperti Plato, Aristoteles dan lain-lain.
Baca lebih lanjut: 7 sistem hukum dari tertinggi ke terendah

Selain itu, pada abad ke-18 hingga ke-19, semua negara Eropa kontinental seperti Jerman, Austria, dan Prancis sebagian besar membahas politik sayap kanan, karena fokus politik pada saat itu semata-mata pada negara. Isu-isu politik kini dimaknai di Inggris sedemikian rupa sehingga termasuk filsafat dan tidak dapat dipisahkan dari sejarah. Setelah berdirinya Ecos Libre des Sciences Politiques di Paris sekitar tahun 1870 dan London School of Economics and Political Science sekitar tahun 1895, ilmu politik akhirnya dimaknai sebagai bidang ilmu yang berdiri sendiri dan dimasukkan dalam kurikulum perguruan tinggi.
Teori Ilmu Politik

Teori ilmu politik adalah deskripsi dan pendapat umum tentang fenomena dalam hal politik.

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/