Iman Kepada Hari Akhir: definisi, fungsi, jenis dan tanda

Definisi Iman di Akhir Zaman
Buka baca cepat

Hari terakhir (hari penghakiman) adalah bagian dari rukun iman yang kita yakini dan harus kita percayai. Ketika kita berbicara tentang hari terakhir kita memiliki banyak hal untuk dipikirkan. Orang tidak tahu persis kapan akhir dunia atau akhir akan datang, hanya Allah yang tahu pasti.

Iman-Kepada-Hari-Akhir-definisi-fungsi-jenis-dan-tanda

Secara umum, keyakinan hari penghakiman berarti bahwa seluruh alam semesta dan isinya suatu saat akan musnah, dan setelah itu kehidupan yang kekal (selanjutnya). Sedangkan menurut bahasa (etimologi) yaitu percaya pada kedatangan hari terakhir (hari terakhir). Menurut istilah (terminologi), yaitu meyakini adanya kehidupan akhirat yang abadi setelah kehidupan ini dan mempercayainya.

Sebagai Muslim, kita harus percaya dan sadar bahwa dunia ini hanya sementara. Setelah akhir dunia ini, orang akan bangkit dari kubur untuk menerima kebenaran sejati dan bertanggung jawab atas semua perbuatan baik dan buruk mereka di dunia.
Fungsi iman di hari-hari terakhir

Berikut ini adalah fungsi kepercayaan pada hari kebangkitan, diantaranya:

Keyakinan pada hari terakhir akan membuat seseorang lebih berhati-hati tentang apa yang dihitung dan ditimbang di penghujung hari, baik dan buruk.
Keyakinan pada hari akhir akan membuat seseorang lebih aktif dan disiplin dalam beribadah serta akan menjauhi larangannya
Menyadarkan masyarakat akan keberadaan hari akhir sebagai kehidupan yang esensial bagi manusia dan pembalasan atas perbuatannya selama hidup memberikan kedamaian dan ketenangan sehingga segala masalah atau kesulitan di dunia akan dihargai dengan kegembiraan seadil-adilnya di hari terakhir.
Menyadarkan orang bahwa hidup di hari terakhir adalah tujuan hidup setiap orang di dunia.
Menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di alam sedang musnah, maka setiap muslim harus banyak melakukan amal shalih dan menjauhi segala amalan buruk atau menjauhi larangan Allah SWT.
Mengingat kehidupan di dunia ini adalah ladang untuk akhirat atau jembatan menuju akhirat, kita harus mengeluarkan atau menginvestasikan harga agar tidak menjadi serakah, tamak, dan pelit.
Berani dan jangan takut mati untuk membela agama dan menjunjung tinggi Islam.
Jangan iri dengan kegembiraan yang didapat orang lain.
buat jiwa damai

Baca lebih lanjut: Desa ini
Jenis kiamat
Dalam Islam kita mengenal dua jenis kiamat, yaitu:

1. Kiamat Sughro (Kecil)

Kiamat Sughro adalah kiamat kecil di mana beberapa makhluk hidup atau lingkungan hancur. Contohnya adalah kematian dan bencana manusia.

Tanda kiamat kecil:

Ilmu agama sepertinya tidak penting
Ada banyak bencana alam.

2. Kiamat Kubro (Hebat)

Kiamat Kubro adalah kiamat besar yang menggambarkan kehancuran seluruh alam semesta dan segala isinya. Intinya, tidak semua kehidupan di dunia ada lagi dan melanjutkan ke kehidupan selanjutnya yaitu di akhirat.

Tanda-tanda kiamat besar:

Matahari terbit dari barat
Kerusakan Ka’bah
Kedatangan Ya’juj dan Ma’juj,
Pembuatan Dajjal

Kalimat Naqli tentang hari penghakiman / akhir

QS. Az-Zumar ayat 68
Quran Surah Az-Zumar ayat 68
Quran Surah Az-Zumar ayat 68

Pentingnya:

Dan terompet ditiup sehingga semua (makhluk) yang ada di surga dan di bumi akan mati, kecuali mereka yang dikehendaki oleh Allah. Kemudian mereka meniup (terompet) lagi dan segera berdiri (keluar dari kubur) dan menunggu (Keputusan Allah). “(QS. Az-Zumar: 68)

Surat Al-Anbiya [21]: 47:
ونضع الموازين القسط ليوم القيامة فلا تظلم نفس شيئا وإن كان مثقال حبة منل أتينا بها وكفىا وكفىاسبين

Yaitu: dan kami akan menetapkan standar yang benar pada hari kebangkitan agar tidak ada yang terluka; Kalaupun hanya sebesar benih sawi, pasti akan kita bawa (pahala). Dan cukup kita melakukan perhitungan. -Kata Allah SWT dalam Surat Al-Insan [76]: 20

Dari bukti Firman Tuhan di atas dapat disimpulkan bahwa banyak kiamat adalah benar dan akan ada hari dan akan ada hari pembalasan atas perbuatan mereka selama hidup di dunia.
Tanda-tanda kiamat kecil

Bencana alam terjadi dimana-mana, seperti gempa bumi, tanah longsor, dan lainnya.
Orang tidak lagi tertarik dengan ilmu agama
Fitnah yang tidak terkendali
Adanya laki-laki yang menyerupai perempuan atau sebaliknya.
Yang baik berkurang dan yang buruk bertambah.
Negara-negara Arab menjadi padang rumput dan sungai “Tidak akan ada akhir dunia, i

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/