Tanda-Tanda Kebocoran Pipa Air di Tembok

Tanda-tanda kebocoran pipa air di dinding

Tanda-Tanda Kebocoran Pipa Air di Tembok

Perhatikan baik-baik finishing dinding rumah Anda. Terutama di bagian yang dilintasi saluran air. Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti itu, mungkin ada kebocoran pipa air di dinding.
1. Struktur dinding berubah

Air yang merembes di balik tembok dapat mengubah permukaan tembok. Membasahi bagian dalam dinding, menyebabkan bagian luar dinding menonjol, terkelupas, retak, dan sobek.

Hati-hati jika struktur dinding Anda mulai retak. Ini bisa menjadi indikasi kebocoran saluran air di dinding.
2. Perubahan warna dinding

Warna cat pada dinding yang basah cenderung pudar atau kuning. Menguningnya dinding biasanya terjadi ketika warna dinding Anda putih. Oleh karena itu, perubahan rona warna dinding dapat menjadi panduan untuk menemukan kebocoran pipa di dinding.
3. Menumbuhkan jamur di dinding

Jamur dinding menyerupai bintik-bintik kecil dan memiliki warna hitam-cokelat. Habitat jamur tumbuh subur di tempat yang lembab.

Jadi jika Anda menemukan banyak jamur yang menempel di dinding Anda, kemungkinan besar kebocoran pipa air ada di bagian dinding tersebut.

Ketiga hal di atas merupakan tanda-tanda kebocoran bagi anda yang sedang mencari pipa air bocor di tembok. Cek dulu permukaan dinding Anda sebagai referensi pencarian pertama.

Namun, ketiga hal di atas tidak membantu jika Anda memasang keramik di dinding. Tentu saja, air tidak dapat menembus keramik, sehingga Anda tidak dapat mencari kebocoran pipa air di dinding dengan melihat bagian luar dinding.

Selain memasang keramik, penggunaan cat tahan air berkualitas tinggi juga akan membuat Anda kesulitan mencari sumber kebocoran.

Cat tahan air dapat menahan air di dalam dan tidak akan merembes ke permukaan. Sehingga permukaan dinding terlihat bagus meskipun ada kebocoran.

Lalu bagaimana cara memeriksa kebocoran pipa air pada dinding jika kondisi permukaan dinding tidak dapat diamati? Ya! benar sekali !

Anda membutuhkan bantuan alat canggih untuk mendeteksi kebocoran pada pipa air. Alat yang mana itu? Cek informasinya sebagai berikut.
Detektor kebocoran pipa air di dinding

Rentang sonik alat pendeteksi kebocoran pipa air

Detektor kebocoran pipa air dinding ini disebut soundoscope. Soundscope bekerja seperti stetoskop,

yaitu, dengan menangkap suara berfrekuensi rendah dan membuatnya terdengar di telinga. Dengan cara ini, alat ini dapat membantu Anda menemukan kebocoran pada pipa air di dinding.

Baca juga biaya perbaikan atap bocor termasuk cat plafon dan tembok

Soundscope terdiri dari tiga komponen penting, yaitu sensor, headphone, dan monitor. Sensor adalah bagian dari alat yang ditujukan pada bagian dinding yang diduga bocor.

Headphone berperan sebagai alat untuk mendengar suara yang ditangkap oleh sensor. Dan monitor adalah alat yang menampilkan grafik frekuensi suara.

Semakin keras suaranya, semakin dekat Anda dengan sumber kebocoran. Begitu juga dengan layar monitornya.

Monitor menunjukkan grafik yang semakin tinggi saat Anda semakin dekat dengan lokasi kebocoran.

Sound Scope banyak dijual di pasaran dengan berbagai merk dan harga. Harganya bervariasi dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Wow! Sungguh harga yang fantastis bukan? Tentu saja, semakin mahal harganya, semakin baik kualitasnya. Hasilnya bahkan lebih akurat karena bandwidth yang besar.

Misalnya, soundscope murah dapat mendeteksi suara hanya beberapa inci dari sensor. Sedangkan jangkauan suara yang mahal bisa mencapai 6 meter.

Dalam hal ini, rentang suara yang murah pun sebenarnya bisa dimaksimalkan. Dengan tips berikut, Anda dapat dengan mudah memeriksa kebocoran pada pipa air di dinding hanya dengan menggunakan perangkat sonic murah.

Sumber :