23 Makanan Khas Jambi yang Jamin Bikin Lidah Bergoyang

Table of Contents

23 Masakan Khas Jambi

23 Makanan Khas Jambi yang Jamin Bikin Lidah Bergoyang

Makanan khas Jambi merupakan salah satu sajian kuliner nusantara yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Rempah-rempah khas Sumatera meresap ke berbagai masakan di tempat ini. Tak hanya menu yang kaya, tapi juga jajanan yang tak kalah menggiurkan.

Bukan yang hobi dengan rasa santan, Jambi juga punya makanan yang menggoda selera. Bagi yang menyukai olahan ikan terutama ikan laut. Di sini juga, kesenangan yang tidak biasa muncul. Rasa pedas dan gurih berpadu dengan sayuran segar yang wajib Anda nikmati.

1. Gandus
makanan khas Jambi
Foto: https://www.instagram.com/ten_snack_cake/

Baiklah, menu pertama yang bisa kamu nikmati adalah Gandus. Bahan-bahan untuk menu yang satu ini adalah sagu, tepung beras, bawang putih, garam dan santan. Bentuknya persegi, namun terkadang ada juga yang berbentuk bulat. Dengan warna putihnya, menu ini terasa meledak di mulut saat digigit.

Untuk menikmati makanan yang satu ini, kamu bisa membelinya di berbagai warung pinggir jalan. Gandus paling enak disantap di sore hari. Ditemani secangkir teh panas atau kopi hangat khas Sumatera.
2. Kasus kari
Foto: https://www.instagram.com/meandmyfo0d/

Ini dia menu yang wajib kamu nikmati jika memang kamu pecinta santan. Kari air terjun ini adalah jenis nasi minyak yang menggabungkan beberapa rempah-rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh dan beberapa bumbu laut yang membuat hidangan ini beraroma dan enak untuk dimakan.

Bumbu utamanya adalah susu cair, yang membuatnya terasa sangat gurih. Tak hanya itu, untuk isinya ada potongan daging dan ikan tepek.

Untuk harga pun dari 30.000 lho. Anda bisa memakannya di jalan RE. Martadinata n. 42 yang letaknya bersebelahan dengan SD Negeri 47. Booth ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.
3. Sambal Pempek
Foto: https://www.instagram.com/caffeindicted/

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pempek. Ya, masakan khas Palembang ini juga hadir di Jambi dengan cita rasa yang berbeda lho.

Bahan-bahannya terbuat dari ikan tenggiri yang diresapi dengan cuka dan rasa yang lezat.

Selain itu dipadu dengan sambal terasi yang memberikan cita rasa yang akan membuat anda lupa ini ada di Jambi.

Untuk harga malah dari 20.000 lho. Dari segi kekenyalan teksturnya tidak jauh berbeda dengan di Palembang. Namun, rasanya lebih nikmat, apalagi bagi Anda yang menyukai aroma pedas yang menggoda.
4. Ikan Tepek Kari
Makanan khas Jambi yang terkenal
Foto: https://www.instagram.com/inaonik/

Masih ada lagi, menu santan yang tak kalah enak dan nikmat disantap. Makanan ini biasanya hadir pada acara pernikahan dan festival dan biasanya menjadi makanan wajib untuk upacara adat di Jambi. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri yang diolah seperti gabus dan pempek.

Gulanya sendiri memiliki rasa asam karena salah satu bahan yang digunakan adalah nanas. Rempah-rempah lain seperti jahe, bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, serai dan adas manis digunakan. Anda juga bisa menikmatinya di kawasan Tahtul Yaman hanya dengan 20.000 saja.
5. Lempok Durian
Foto: https://www.instagram.com/erly_febrina/

Olahan durian nikmat disajikan sebagai bahan makanan. Seperti Lempok Durian yang memiliki rasa yang enak.

Biasanya menu yang satu ini dijadikan salah satu oleh-oleh wajib yang sayang untuk dilewatkan. Dari segi tekstur, hampir mirip dengan Dodol. Pakai tepung saja. Harganya mulai dari 15.000 saja lho.

6. Otak
Makanan khas Jambi dan Bengkulu
Foto: https://www.instagram.com/nini.jecquiline/

Makanan khas Jambi ini terbuat dari ikan tenggiri, bisa juga menggunakan ikan bandeng yang sudah dibuang durinya. Dibungkus dengan daun pisang gosong. Ada juga yang menggunakan seafood seperti cumi atau udang sebagai bahannya.

Untuk harganya sendiri, mulai dari 500 rupiah bahkan hingga 2 ribu rupiah, tergantung bahan pembuatannya. Untuk menikmatinya, Anda biasanya menggunakan sambal yang cukup pedas. Kalau mau tambah nasi hangat juga enak. Jadi jangan biarkan aku membelikanmu makanan itu, oke?
7. Dodol Kentang Kerinci
Foto: https://www.instagram.com/arlindanreza/

Biasanya, Dodol menggunakan bahan yang terbuat dari tepung. Jadi ketika Anda berkunjung ke Jambi, menu yang satu itu adalah kentang. Lalu bagaimana dengan rasanya? Tidak kalah dengan yang lain. Tak heran, banyak wisatawan yang penasaran dan mencari makanan yang satu ini.

Tidak hanya kentang, ada santan, gula dan garam. Semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk selama kurang lebih 2 jam sampai 3 jam. Kemudian jemur di bawah sinar matahari. Bisa kuat sampai 2 bulan lho. Harganya sendiri murah lho, hanya 15.000 hingga 30.000 saja.
8. Nasi Lemak
Foto: https://www.instagram.com/dh.eatntravel/

Namanya agak sedikit aneh yaitu Nasi Lemak, jika melihat makanan khas Jambi ini mirip dengan Nasi Uduk dan lauk Jengkol Semur.

Bahan utamanya adalah beras, daun salam, santan, daun jeruk dan daun pandan. Untuk bumbunya sendiri ada bawang merah, bawang putih, jinten, ketumbar, dan merica.

Sebagai menu pelengkap ada kerupuk, telur dadar, asinan, asinan dan bawang goreng. Katanya menu ini sudah ada sejak tahun 1970-an lho.

Dengan harga murah dari hanya 15.000 hingga 20.000. Menu ini bisa Anda temukan di Jalan Hayam Wuruk No. 15. Paling enak disantap bersama dengan sirih pinang yang dipadukan dengan sirih pinang yang enak.
9. Kue Muso
Foto: https://www.instagram.com/utarysri/

Kuliner ini memang enak dan termasuk makanan legendaris. Mirip dengan lesung, hanya kulit luarnya saja yang berwarna cokelat. Menggunakan bahan dasar seperti tepung ketan, tepung terigu dan coklat bubuk.

Dengan rasanya yang manis, Anda bisa menjadikan muso sebagai pilihan. Menu yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas yang wajib dicoba.

Konon kue muso ini bisa menjadi jajanan wajib saat berbuka puasa dan bisa dijadikan takjil. Anda bisa membelinya di warung yang berbeda dengan harga mulai dari 1000 rupiah hingga 2000 rupiah.
10. Dodol Nanas
makanan khas Jambi
Foto: https://www.instagram.com/kalsareater/

Ini dia oleh-oleh yang wajib kamu coba dan beli juga, yaitu Dodol Nanas. Konon buah ini sudah menjadi komoditi yang cukup banyak di Jambi. Tak heran jika kuliner ini menjamur bak jamur di beberapa toko suvenir. Namun, pengisap ini sendiri sudah ada sejak tahun 1998.

Bahan lainnya adalah tepung ketan, santan, kelapa, vanili, gula merah, dan gula pasir. Baunya benar-benar membuat ketagihan, lho. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya, harganya mulai dari 20.000 lho.

Sumber :