WhatsApp Tak Bisa Dipakai di HP Android dan iPhone Lawas 2021, Ini Daftarnya

“WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut,” tulis WhatsApp dalam laman resmi.

Usia dua sistem operasi itu memang sudah lebih dari lima tahun.

Yuk simak di halamana selanjutnya, smartphone Android dan iPhone apa saja yang tak bisa dipakai untuk WhatsApp sebentar lagi.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tahun 2011, yang artinya usia sistem operasi itu kurang lebih sudah sepuluh tahun.
Sementara iOS 9 yang diluncurkan Apple tahun 2015 tahun ini sudah memasuki usia keenam.

Dirangkum dari CT Post, Rabu (25/8/2021) ada beberapa perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 4.0.4 dan iOS 9.

Beberapa di antaranya adalah berikut:

Android:

Samsung:
Galaxy Trend Lite
Galaxy Trend II
Galaxy SII
Galaxy S3 mini
Galaxy Xcover 2
Galaxy Core
Galaxy Ace 2

Mendekati akhir tahun 2020, aplikasi WhatsApp dilaporkan akan mengakhiri dukungan pada beberapa handphone (HP) Android dan iPhone dengan sistem operasi lawas. Pengguna yang masih menggunakan perangkat tersebut diminta untuk melakukan upgrade atau ganti perangkat baru.
 
Aplikasi perpesanan milik Facebook itu akan setop berfungsi pada HP yang tidak berjalan pada setidaknya sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3. Informasi situs resmi WhatsApp, merekomendasikan pengguna untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Android dan iOS untuk menikmati semua fitur dengan pengalaman terbaik.
Dibutuhkan iPhone dengan iOS 9 atau lebih baru dan HP Android yang berjalan pada sistem Android 4.0.3 atau lebih baru untuk menjalankan semua fitur di WhatsApp. Sementara untuk feature phone bisa minimal menjalankan KaiOS 2.5.1.
Meskipun saat ini kemungkinan besar tidak banyak ponsel cerdas yang masih menjalankan sistem operasi kuno yang tak direkomendasikan WhatsApp, tapi penting untuk mengetahui tipe perangkatnya apa saja.
Untuk iPhone, mulai iPhone 4 dan varian di atasnya akan kehilangan dukungan WhatsApp. Artinya, mereka yang menggunakan iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S harus memperbarui sistem operasinya ke iOS 9 atau lebih baru agar dapat terus menggunakan WhatsApp.
Sementara Android, WhatsApp akan berhenti berfungsi pada HP yang menjalankan versi Android lebih lama dari 4.0.3. Tidak banyak perangkat yang berjalan pada versi Android lawas. Namun, beberapa HP Android yang masih memakai OS versi tersebut adalah HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, dan Samsung Galaxy S2.
WhatsApp Tak Bisa Dipakai di HP Android dan iPhone Lawas 2021, Ini Daftarnya (2)

Untuk mengetahui sistem operasi apa yang digunakan HP kamu, pengguna iPhone dapat membuka menu “Settings” > “General” > “Information,” di sana akan menemukan informasi tentang versi perangkat lunak pada iPhone. Kemudian, pengguna Android dapat membuka “Settings” > “About Phone” untuk melihat versi Android mana yang dipakai ponsel cerdas kamu.
WhatsApp mengakhiri dukungan untuk HP Android dan iOS yang lebih lama pada akhir setiap tahun. Tahun lalu, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel cerdas yang menjalankan iOS 8 atau lebih lama, dan ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih lama